Sabtu, 11 April 2015

SEJARAH PERADABAN AMERIKA (SUKU MAYA)

Nama     : Rendra Gunawan

NIM       : 915130182

Kelas      : C

Dosen     : Dyah Ayu Candraningrum









Suku Maya


Suku Maya adalah suku yang menetap di Amerika Tengah dan antara 250 M sd. 925 M mereka mencapai masa keemasan dengan teknologinya. Keturunan Suku Maya masih ada hingga saat ini, yang telah runtuh adalah peradaban mereka pada masa lampau.
Suku Maya terkenal sebagai suku yang memiliki peradaban yang unik dengan tingkat intelektual yang tinggi. Pada zaman batu mereka telah mengenal seni membuat bangunan, kecantikan, cara menanam dan sistem pertanian, juga mengenal tulisan yang disebut dengan glyph.






Seni Bangunan




















Tabel Hitung Panjang

Selain itu ada Kalender Hitung Panjang (Long Count) yang berumur 13 Baktun (siklus) atau jika dihitung menurut Kalender Gregorian lebih dari 5.126 tahun, yaitu dimulai pada tanggal 11 Agustus 3114 Sebelum Masehi (Kalender Gregorian) atau 6 September 3113 Sebelum Masehi (Kalender Julian) hingga berakhir pada tanggal 21 Desember 2012 Masehi (Kalender Gregorian). 






Hitung Panjang Kalender Suku Maya

Kalender jangka panjang suku Maya ini berhenti tanggal 20 Desember 2012 sehingga muncul spekulasi bahwa suku Maya meramalkan tanggal tersebut sebagai akhir dari sebuah jaman. Sebenarnya suku Maya hanya beranggapan tanggal 20 Desember itu sebagai akhir dari sebuah jaman dan besoknya sekaligus adalah awal dari jaman yang baru. Persis seperti kita menganggap tanggap 31 Desember sebagai akhir dari sebuah tahun.






Fakta Suku Maya Masa Kini


Sekitar 7 juta orang suku Maya yang hidup di berbagai negara di Amerika Tengah dan Selatan. Beberapa dari mereka masih memegang teguh kepercayaan kuno tapi sebagian sudah mulai hidup modern.
Sebagian besar suku maya sekarang ini memegang teguh ajaran agama katolik yang dibawa dan disebarkan oleh bangsa spanyol (abad ke-16) pada zaman dahulu.
Menghilangnya kepercayaan kuno dari suku maya karena pada saat bangsa spanyol menyebarkan agama Katolik, 2 misionaris yang mengetahui kepercayaan suku maya berbau takhayul dan ilmu sihir membuat mereka membakar tempat penympinan buku suku maya sehingga buku-buku kepercayaan tersebut musnah
Suku Maya Sekarang ini menyampurkan agama katolik dan kebudayaan Suku mereka seperti memberikan ayam sebagai persembahan dan tetap mengadakan syukuran saat panen jagung kepada dewa jagung dan sebagian besar masih menggunakan bahasa maya sebagai bahasa sehari-hari mereka 



Kesimpulan


Suku maya merupakan suku yang pertama kali ada di dunia yang mampu meramalkan tentang kejadian masa depan yang tidak dapat di perhitungkan oleh masyarakat banyak dengan menggunakan kalender peredaran matahari dan kalender kepercayaan dari suku maya sendiri. Suku maya juga merupakan suku yang dapat mengukur orbit benda langit dan mempercayai dewa alam. Suku maya ada dan sampai sekarang masih tersembunyi banyak rahasia yang tidak diketahui orang luar.





1 komentar: