Sabtu, 11 April 2015

CREATIVE THINKING

Nama    : Rendra Gunawan

NIM      : 915130182

Kelas     : C

Dosen    : Dyah Ayu Candraningrum


Mengapa Manusia Berkreasi ?


Berdasarkan Theory Maslow's Hierarchy of Needs kebutuhan manusia terdiri dari :
1. PHYSIOLOGICAL --> mencangkup sandang, papan, pangan.
2. SAFETY --> mencangkup rasa aman baik pada pekerjaan, bisnis, dilindungi di keluarga, maupun keamanan moral.
3. LOVE / BELONGING --> dicintai baik oleh keluarga, pasangan hidup, teman, dll.
4. ESTEEM --> keinginan untuk diakui oleh orang lain.
5. SELF ACTUALIZATION --> membutuhkan kreativitas tingkat tinggi untuk mencari sesuatu yang baru dan melakukan inovasi.





Motivasi manusia didorong oleh kebutuhannya. Dan dalam hal ini, Teori Hierarki dari Abraham Maslow sangat menggambarkan tingkatan motivasi manusia. Mulai dari kebutuhan fisiologis hingga kebutuhan untuk melakukan aktualisasi diri, semuanya mendorong manusia untuk melakukan sesuatu guna memenuhi kebutuhannya. Dan dengan itu pula manusia didorong untuk berkreasi guna memenuhi kebutuhannya. Misalnya saja untuk memenuhi kebutuhan manusia akan makanan, ketika mereka lapar, orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk memuaskan rasa laparnya. Ada yang memasak tapi juga ada yang membelinya. Jika memasak pun ada orang yang cukup makanan yang simple tapi ada pula yang ingin menciptakan masakan-masakan baru. Cara-cara yang beragam ini menunjukkan bahwa setiap manusia memiliki tingkat kreativitas yang beda-beda guna memenuhi sebuah kebutuhan.


B.F. Skinner berpendapat bahwa "manusia adalah hasil lingkungan tempat mereka berada" dan saya setuju dengan hal itu. Manusia harus beradaptasi dengan lingkungannya dan akhirnya kedunya saling mempengaruhi satu sama lain. Manusia mempengaruhi lingkungan, lingkungan mempengaruhi manusia. Akhirnya manusia dibentuk berdasarkan lingkungan tempatnya berada. Begitu pula dengan kreativitas mereka. Kreativitas yang mereka lakukan guna memenuhi kebutuhan tentu berbeda di setiap tempat manusia bernaung. Misalnya, orang yang tinggal di pesisir tentu terus berkreasi bagaimana caranya bisa ke laut dan menangkap ikan lebih banyak agar bisa dijual atau dikonsumsi pribadi - memenuhi kebutuhan hidup. Sementara orang yang tinggal di pegunungan akan berpikir dan berkreasi tentang tanaman apa saja yang bisa dikembangkan disana dan mencoba menemukan teknik bercocok tanam baru agar hasil panen berlimpah.


Intinya manusia berkreasi untuk memenuhi seluruh kebutuhan dasar, keamanan, cinta, serta penghargaan. Kebutuhan-kebutuhan itu mendorong mereka untuk terus berinovasi dan berkreasi supaya pemenuhan kebutuhannya dapat terjadi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar